Mangut Kaliasin – Semarang

“MANGUT KALIASIN SEMARANG “

 

Panasnya Semarang saat  menuju tempat pengasapan , jalannya yang kini sudah lumayan di benahi.Keadaan lingkungan sekitar yang kurang bersahabat ,sungai sungai yang penuh limbah , ayam dan kucing berkeliaran , bau limbah pengasapan sendiri .

Central pengasapan ikan “ MANGUT “ di Bandarharjo Semarang Utara . Daerah Semarang yang sangat terkenal dengan rob ini juga menghasilkan bahkan menjadi central pengasapan ikan mangut . Ikan mangut sendiri banyak kita jumpai di warung warung bahkan sampai di rumah makan , dari sampai Semarang sendiri bahkan sudah sampai ke daerah dari jawa tengah lainnya . Kali Asin adalah sentra pengasapan Ikan di Semarang. Biasanya mereka mengasap ikan manyung dan ikan tongkol.Setiap hari bila dirata rata  tempat pengasapan bisa mengolah antara 1 ton kurang lebihnya.

Central ikan mangut ini buka dari jam 05.00 subuh  mulai sedikit berkatifitas dan pegawai rata – rata banyak kaum perempuan dan ibu ibu yang sudah bekerja sekian tahun . Adapun Central yang saat ini masih produktif ada 6 kios yang masih saat ini jalan dan banyak pesanan dari Semarang maupun luar Semarang . Pagi ikan dikirim dari nelayan nelayan kemudian sampai Central di potong potong lalu di jemur kemudian di Asapi yang siangnya sudah siap dikirim ke warung – warung atau di pasar pasar. Banyak Olahan makanan yang bias di buat dari simangut tersebut , ada yang bilang Pecak panggang , Mangutan sambel , Kepala Manyung , dsb.