SIDEBAR

Tutorial Toys Photography with @zuppabunnie

0 comments
May 31 2019
Post's featued image.

Foto mainan dengan barang bekas dan basic particle effects ala Hollywood by : Zuppabunnie


Foto mainan tidak tidak lepas dengan story telling, lighting, ambience dan juga scene. Dan terkadang kita kesulitan untuk mendapatkan suasana yang cocok untuk mainan yang akan kita foto. Menggunakan diorama tentunya akan mempermudah tapi apakah kamu bisa membuatnya atau membelinya?

Apakah ada alternative lain?
Tentu saja, di dalam sesi ini saya akan sharing bagaimana foto mainan di indoor dengan menggunakan barang rongsok yang sudah tidak terpakai. Berikut ini tipsnya:

1. Yang perlu disiapkan
Pertama tentunya action figure dan sebuah kamera. Action figure yang memiliki artikulasi bagus akan memudahkan anda untuk membuat scene yang lebih dramatis.
Sebuah Tripod juga diperlukan dan dapat memudahkan pada saat proses foto. Led dengan plastic mika berwarna untuk sumber cahaya dan juga ambience. Lem tack it atau kawat akan sangat berguna untuk membantu figure berdiri, dan terakhir barang rongsok. Kalau di sini saya memilih onderdil yang kebetulan sudah tidak terpakai.

2. Komposisi Dan Lighting
Sebelum memulai foto, ada baiknya kita mengatur dulu barang-barang bekas yang menjadi props. Lalu setelah itu menempatkan figurnya sesuai dengan imajinasi kita. Tentunya scene dari film, artworks atau komik akan sangat membantu sekali untuk mendapatkan ide dalam foto mainan.

Lalu setelah itu kita bisa mulai menempatkan lighting. Di sini saya menggunakan dua LED untuk video  dengan plastic mika berwarna yang sangat berguna untuk membuat mood dalam foto. Untuk penempatannya LED yang pertama saya taruh di belakang figure, gunanya sebagai rim light. Lalu di sebelah kiri depan untuk fill light. Lampu ruangan juga membantu untuk memberikan warna netral pada figure.
3. Particle Effect ala Hollywood
Setelah selesai dengan komposisi dan lighting kita masuk ke segmen terakhir yaitu particle effect. Particle effect ini sangat berguna sekali untuk memberikan suasana pada hasil akhir foto mainan.


Berikut benda yang saya gunakan dan juga fungsinya :

1. Tepung dan blower
Tepung di sini sangat berguna sekali untuk membuat efek asap atau kabut. Caranya adalah dengan menaruhnya pada wadah datar lalu menyemprotnya kearah Figure, sehingga menimbulkan efek asap dan menghaluskan cahaya dari LED. Tapi tehnik ini bisa membuat figure kotor, alternative lainnya bisa menggunakan mesin fog.

2. Spryer
Spryer yang berisi air bisa digunakan sebagai efek hujan ataupun keringat pada figure. Hal ini tentunya akan memberikan efek yang dramatis.

3. Kembang api
Kembang api dan petasan bisa digunakan juga untuk efek ledakan. Hanya saja dianjurkan untuk berhati-hati dan menggunakannya di outdoor. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video Behind the Scene di bawah ini.

Good Luck dan selamat mencoba!
Rena – @Zuppabunnie

0