SIDEBAR

Mengenal Toys Photografi bersama Hendra Dalijono

0 comments
Mar 02 2020

Kali ini saya akan mengulas satu genre fotografi yang lain yaitu genre toys. Mendengar kata toys bukan selalu identik dengan anak-anak tp juga banyak orang dewasa yg hobi foto menekuni genre ini.
Hendra Dalijono, tinggal di daerah surabaya barat tepatnya daerah citraland. Dia serius menekuni genre fotografi toys ini. Dulunya dia penyuka human interest namun skrg sulit untuk menemukan obyek-obyek yg menarik menurut penuturan dia.
Walaupun terbilang baru menggunakan kamera fujifilm namun hasil-hasil fotonya tidak bisa dikategorikan pendatang baru. Gear yg digunakan juga cukup mumpuni untuk menghasilkan karya-karya yg terbaik.

SERIUS DALAM SETTING.

Dia sangat tidak main-main dalam mengeksekusi obyek utk menghasilkan karya yg maksimal. Terlihat dalam behind the scene setting dari foto diatas. Konsep yang kuat seakan menutupi peralatan yg seadanya yg dimiliki ditunjang juga dengan skill fotografi yg cukup juga. Dalam hal ini dia menggunakan 2 continuous lighting jenis led. Satu dr depan obyek dan satu lagi dari atas. Penempatan yg cerdas dan apik membuat kesan dramatis dlm foto ini sangat kuat.

KETERBATASAN MEMOMPA KREATIFITAS.
Hendra menuturkan kalau peralatan yg dia punya sangat sederhana dan sangat terbatas. Kebanyakan dari barang-barang bekas dan hasil modifikasi sendiri.
Gambar diatas ini salah satu lighting hasil DIY yg fungsinya gak kalah dg produk buatan pabrikan yg dijual di toko-toko penyedia alat fotografi. Menggunakan lampe led ditambah dimmer yang membuat hendra mudah mengatur besaran cahaya yg dihasilkan.

Saya cukup terkaget waktu Hendra menjelaskan bahwa lighting buatan dia dari box mika jualan istrinya. Dibungkus dengan aluminium foil yg akhirnya berfungsi memantulkan cahaya yang dihasilkan oleh lampu led itu sendiri. Jadi teman-teman jangan pernah kita membatasi kreasi dan kreatifiats kita karena kita tdk punya sarana dan prasarana yang memadai. Hendra bisa menunjukkan bahwa hal itu tdk membatasi dirinya untuk berkarya.

SKILL PHOTOGRAPHY

Untuk pembuatan foto ini kita bs lihat dari data exifnya. Menggunakan kamera xpro2, lensa kit 18-55mm ( di 20mm ), diafragma di 4 dan speed di 1/30 detik. Hal ini bisa jadi referensi teman-teman yang ingin membuat hal serupa.
Sentuhan akhir berupa editing di komputer juga harus dilakukan untuk menghasilkan yang lebih maksimal. Namun Hendra tidak menjelaskan lebih detail tentang proses editing apa saja yang dilakukan dalam foto ini.


Demikian untuk ulasan kali ini. Sampai ketemu di ulasan berikutnya.

#fujiguysid #kit4fgi

0