• April 15, 2021

FGI-Surabaya: Street and Cityscape

“Surabaya, Surabaya, oh Surabaya..kota kenangan, kota kenangan takkan terlupa”

Siapa yang tak tahu penggalan lirik lagu Surabaya yang menceritakan tentang sejarah kota Surabaya, salah satu kota pahlawan yang menjadi cerita kenangan, dimana rakyat Indonesia pada saat itu berjuang untuk merebut kembali kota Surabaya dari tangan penjajah. Surabaya tempo dulu dan Surabaya masa kini sudah sangat berbeda sekali, saat ini sudah banyak bangunan baru yang berdiri megah serta ada banyak tempat yang menjadi ikon kota Surabaya.

Minggu, 27 Agustus 2017, Fujiguys Indonesia Chapter Surabaya mengadakan hunting rutin mingguan dengan tema “Street and Cityscape” dan bertempat di rute sepanjang jalan Pemuda, jalan Plaza Boulevard dan jalan Gubeng Pojok. Mereka akan memotret beberapa tempat yang menjadi ikon kota Surabaya, pukul 16.00 FGI Surabaya berkumpul didepan Delta Plasa, Jl. Pemuda. Pemilihan waktu di sore hari memang disengaja untuk menyesuaikan dengan agenda cityscape, dimana FGI Surabaya akan memotret objek arsitektur yang menjadi ikon kota Surabaya pada waktu blue hour.

[easy-image-collage id=1189]

Hunting street diawali dengan berjalan menyusuri pedestrian walk di jalan Pemuda, disana terdapat lumayan banyak aktivitas pejalan kaki dan interaksi sosial yang bisa difoto oleh teman-teman. Kemudian lanjut berbelok ke jalan Plaza Boulevard dimana terdapat aktivitas dari pedagang kaki lima (PKL) dan lalu lalang orang-orang yang berbelanja di kawasan tersebut. Kebetulan juga sedang ada acara seperti Bazaar Sale sehingga cukup ramai dan menawarkan banyak obyek street serta human interest yang bisa difoto.

[easy-image-collage id=1190]

 

Diujung jalan Plaza Boulevard, tepatnya di jembatan terakhir, teman-teman mengakhiri sesi hunting tema street dan mulai mempersiapkan posisi dan peralatan yang akan digunakan untuk memfoto obyek cityscape. Di spot jembatan tersebut teman-teman FGI Surabaya menata perlengkapan mereka seperti tripod, filter dan lain-lain sembari mengatur komposisi obyek yang akan difoto. Sambil menunggu waktu blue hour tiba beberapa teman-teman FGI Surabaya mengobrol santai, saling bertukar tips untuk obyek yang akan difoto nantinya, dan ada juga yang mulai memotret obyek dilokasi tersebut.

[easy-image-collage id=1192]

Tepat saat langit sudah berwarna biru (blue hour) kira-kira pukul 17:45 WIB, teman-teman FGI Surabaya mulai memotret obyek cityscape yang ada di spot tersebut. Spot jembatan tersebut memang indah karena mulai sore ada banyak lampu-lampu hias dan lampion yang dinyalakan sehingga menambah kesan cantik sungai serta menjadi obyek foreground yang bagus didalam komposisi foto.

Pukul 18:30 WIB dan teman-teman FGI Surabaya melanjutkan perjalanan hunting obyek cityscape selanjutnya dengan menyusuri jalan Gubeng Pojok. Di sepanjang sisi kanan jalan tersebut terdapat 2 obyek arsitektur kota yang bagus untuk difoto yaitu patung Suro dan Boyo di Skate and BMX Park serta obyek jembatan yang menghubungkan jalan Sumatera dan jalan Pemuda. Lampu-lampu hias dan lampion juga menghiasi sepanjang tepi jalan dan sungai tersebut memberikan nuansa keindahan pada obyek yang difoto.

[easy-image-collage id=1193]

Pukul 20:00 WIB teman-teman FGI Surabaya memutuskan untuk menyudahi acara hunting hari ini, karena semua obyek yang memang diagendakan untuk difoto telah selesai dipotret semuanya. Acara hunting diakhiri dengan mengobrol sejenak dan pastinya foto bersama 😉

[easy-image-collage id=1194]

  Hasil hunting FGI Surabaya

foto-yosia
foto – bambang

Fujiguys Indonesia sebuah komunitas pengguna kamera FUJIFILM yang saat ini tersebar di bebeapa daerah, untuk teman-teman yg ingin join di grup chat bisa menghubungi sbb :

FGI General Chatroom : Andreas Ignatius Ajun

FGI Surabaya : Dite De Molay, Henry Limanto

FGI Yogjakarta : Setiyoko Agus

FGI Bandung : Kherisna Irawan

FGI Semarang : Hendra Tanzil

FGI Medan : Yuliana Ferlim

FGI Girls : Dewi Ayu Naraswari

Selalu gunakan #fujiguysid dan #ceritafg1 di setiap postingan dan upload foto baik Instagram atau di Fb utk berkesempatan di fitur oleh akun IG @fujiguys_id

 

0

bayu

Read Previous

5th Sharing Room: Travel Photography

Read Next

FGI-Semarang 2nd Sharing Room: Street Photography with Ridho KS & Tio