• August 4, 2021

FGI Chapter Surabaya: Toys, Macro and Food Photography

Salah satu genre fotografi yang belum “umum” di Indonesia adalah Toys Fotografi. Dalam genre ini, mainan (umumnya action figures) diatur dan ditata dalam sebuah diorama, kemudian difoto. Hasil foto juga dapat diedit untuk menambah efek-efek yang diinginkan sehingga foto mainan terlihat hidup.

Nah, hari Minggu, 13 Agustus 2017 kemarin teman-teman dari FujiGuys Indonesia chapter Surabaya mengadakan hunting rutin mingguan dengan tema “ Toys, Macro, and Food “. Lokasi hunting bertempat di Calibre Café,  window lightning dan interior lokasi yang bagus membantu teman-teman Fujiguys Indonesia chapter Surabaya saat sesi pemotretan toys serta foodnya.

Acara dimulai kira-kira pukul 11.30, diawali dengan ngobrol santai sejenak sambil berdiskusi tentang ide bagaimana nantinya properti toys tersebut akan difoto. Beberapa teman yang hadir memang sudah mempersiapkan banyak properti seperti Lego dan Preiser serta properti pendukung seperti lampu, MCEX sebagai macro tube lensa Fujinon, dan lain-lain. Fujifilm Indonesia cabang Surabaya juga memberikan support berupa pinjaman 2 unit MCEX dan lensa macro XF60mm sehingga teman-teman FGI Surabaya yang tidak memiliki macro tube ato lensa macro bisa turut serta memotret obyek toys yang disediakan.

Usai diskusi teman-teman FGI Surabaya mulai menyusun beberapa spot untuk difoto oleh para peserta hunting, dengan masing-masing spot menampilkan tema yang berbeda-beda. Teman-teman FGI Surabaya juga sebelumnya sudah memilih properti  food dan cake yang akan difoto pula pada sesi atau spot yang memang sudah dipersiapkan untuk memotret food tersebut. Hunting berlangsung dengan seru karena teman-teman FGI Surabaya menampilkan sisi kreativitas mereka dimasing-masing spot dan teman-teman yang hadir juga bebas membuat kreasi mereka sendiri menggunakan properti yang telah disediakan, sehingga banyak sekali variasi foto yang mereka dapatkan.

Acara hunting ini juga menarik perhatian para pengunjung yang kebetulan mulai ramai mendatangi Calibre Café, mereka tertarik dengan kreativitas teman-teman FGI Surabaya dalam menyusun toys tersebut dengan interior disekitar café atau bahkan ketika properti toys tersebut digabungkan atau dikreasikan dengan makanan yang telah dipesan oleh teman-teman sebelumnya. Banyak dari para pengunjung yang akhirnya ikut untuk memotret kreasi toys di spot yang telah dipersiapkan oleh teman-teman FGI Surabaya.

Pukul 14.00 acara hunting diakhiri dan dilanjutkan dengan teman-teman dari FGI Surabaya kembali mengobrol santai menikmati pesanan makanan dan minuman mereka masing-masing sambil saling memperlihatkan hasil foto yang mereka dapatkan tadi. Tak lupa mereka juga berdiskusi tentang  tema agenda hunting untuk minggu depan, yang pastinya nanti akan diposting liputannya pula disini.

Ada juga yang manjat-manjat manja di dinding:

Ada pula yang siap diving ke dalam minuman:

Gimana? keren-keren kan hasil hunting foto toys, macro and food Fujiguys Indonesia chapter Surabaya! Kamu juga pengen gabung dan hunting bareng kita? Baca informasi di bawah ini ya! 😉


Fujiguys Indonesia sebuah komunitas pengguna kamera FUJIFILM yang saat ini tersebar di bebeapa daerah, untuk teman-teman yg ingin join di grup chat bisa menghubungi sbb :

FGI General Chatroom : Andreas Ignatius Ajun
FGI Surabaya : Dite De MolayHenry Limanto
FGI Yogjakarta : Setiyoko Agus
FGI Bandung : Kherisna Irawan
FGI Semarang : Hendra Tanzil
FGI Medan : Yuliana Ferlim
FGI Girls : Dewi Ayu Naraswari

Selalu gunakan #fujiguysid dan #ceritafg1 di setiap postingan dan upload foto baik Instagram atau di Fb utk berkesempatan di fitur oleh akun IG @fujiguys_id

 

0

bayu

Read Previous

Fujiguys Indonesia Lost In Pulo Geulis

Read Next

FGI-Semarang Sharing Room Food Portraiture Photography with Andre Young