• April 15, 2021

Basic & Simple Editing Landscape Photography by Andreas I (Ajun)

Simple Landscape Editing

Sering kali saya mendapat pertanyaan, bagaimana sih editing yang saya lakukan untuk foto Landscape saya, kenapa matahari dan gradasi warna langitnya bisa beda dengan yang di SOOC?? dan seperti yang saya ketahui, kebanyakan foto Landscape memang sangat memerlukan adanya Editing supaya bisa lebih maksimal foto tersebut. Kali ini saya akan memberikan sedikit tips dan tutorial Landscape editing sederhana menggunakan Photoshop, Adobe Camera Raw, plug in NIK sesuai dengan workflow yang saya gunakan. (workflow ini bisa berbeda beda sesuai dengan selera masing masing, so just enjoy it!)

 

-buka file RAW menggunakan ACR (Adobe Camera Raw)

*apabila file tidak terbaca/tidak terbuka, pastikan anda sudah meng-update ACR anda ke versi yang terbaru.

– langkah pertama di ACR saya biasanya memperbaiki distorsi di menu Lens Corrections, kemudian klik icon A. secara otomatis horizon di foto kita akan di koreksi oleh software.

– selanjutnya saya kembali ke Basic dan mengatur Exposure, Contrast, Highlights, Shadows dsb.

– biasanya saya akan selalu menurukan Highlights secukupnya terlebih dahulu (ini tergantung selera yah, biasanya saya sampai menurukan -100 di highlights)

– menambahkan sedikit contrast, shadows, dan blacks (sesuai selera dan tergantung kebutuhan foto tsb tentunya)

– mengatur White Balance sesuai selera (tapi kalo fotonya di rasa sudah pas WB nya, tentu ini tidak perlu) – menambahkan Clarity secukupnya, sedikit vibrance, dan saturasi (sesuai selera tentunya dan jangan berlebihan, karena akan merusak warna foto) *hati hati, Clarity yang berlebihan akan membuat HALO pada sekitar objek foto

– kemudian saya mengatur kembali Curve foto saya, di menu Tune Curve, saya akan menaikkan sedikit highlights dan Lights juga mengatur Darks dan Shadows sesuai selera saya dan kebutuhan foto.

– saya ke menu Effects di sini biasanya saya menaikan sedikit Dehaze dan terkadang menambah vignete apabila perlu. kalau sudah sesuai selera, mari kita klik OK secara otomatis kita akan masuk ke Photoshop. sebenarnya ketika kita merasa cukup dengan warna yang ada di foto kita setelah ACR, maka foto bisa langsung kita save dan posting. tapi kalau di rasa ada yang kurang, mari kita edit lagi menggunakan plug in tambahan yang ada di Photoshop yaitu NIK. NIK EDITING *software plug in ini terpisah dengan software photoshop, pastikan anda sudah mendownload dan install plug in ini di Photoshop anda terlebih dahulu. software ini bisa di dapatkan gratis, silahkan cari di google.

– Duplicate Layer terlebih dahulu supaya file ACR kita tidak terganggu dengan editan kita yang di NIK (biasakan untuk duplicate layer sebelum mengubah-ubah segala sesuatu di posisi terakhir editan foto kita)

– Masuk ke Plug in NIK dengan pilihan Color Efex Pro.

– Banyak pilihan menu filter di posisi kiri, biasanya saya memilih filter SKYLIGHT FILTER dan mengatur Strenght sesuai selera (Cahaya Matahari akan lebih Strong dan ‘keluar’ ketika kita menambahkan efek ini, saran saya, atur secukupnya saja supaya tetap natural) *disini saya menambahkan 36% Strenght dan terlihat khan bedanya?? hehehe.

– kita juga bisa meng-kontrol posisi cahaya mana yang akan di tambahkan ‘strength’ nya, dengan menggunakan Control Point yang terletak persis di bawah menu Strength, dan tinggal klik titik mana yang kita inginkan dan besaran pendaran tersebut.

– sesudah selesai, klik add filter – biasanya saya akan langsung ke menu PRO CONTRAST

– saya pilih Dynamic Contrast untuk mendapatkan Contrast yang lebih dinamis (hati hati penggunaan Dynamic Contrast yang berlebihan akan menimbulkan effect Halo pada foto) apabila di rasa cukup, klik OK dan Save as JPEG di Photoshop! . .

so, Mudah dan Simple kan guys?

 

Salam Fujiguys Indonesia!

 

Penulis : Andreas Ignatius (ajun)

Instagram : @ajunsevenfold

0

bayu

Read Previous

Jakarta Sepi 2017 Bareng Fujiguys Indonesia

Read Next

Membersihkan Bintik Hitam Pada Foto (Landscape) by Ajun