SIDEBAR

Fujiguys Indonesia Lost In Pulo Geulis

0 comments
Aug 14 2017

Pulo Geulis adalah nama sebuah pulau kecil yang terletak di tengah Sungai Ciliwungkota Bogor, tepatnya di sebelah selatan Kebun Raya Bogor. Pulau ini terletak di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah. Pada dasarnya Pulo Geulis merupakan suatu kawasan yang terbentuk akibat aliran Sungai Ciliwung yang terbelah dan kemudian menyatu kembali tepat sebelum area Kebun Raya Bogor hingga tercipta bentukan seperti pulau. Pulo Geulis dalam bahasa Sunda memiliki arti pulau yang cantik. Dahulu, dikenal sebagai Pulau Parakan Baranangsiang yang berasal dari katamarak yang  berarti mengambil ikan tanpa parak. Namun ada pula yang menyebutnya Rawa Bangke karena sungai yang mengelilingi daerah ini terdiri dari banyak sampah yang bercampur bangkai. Hingga muncullah kisah tentang  wanita simpanan orang-orang Emrat yang terkenal geulis (cantik) itu. Emrat adalah komplek pegawai Kebun Raya yang bekerja sebagai penyiram tanaman.

Hingga saat ini, telah banyak perubahan yang terjadi di Pulo Geulis, mulai dari segi keaslian budayanya yang sudah mulai berkurang, serta aspek sejarah fisiknya yang hanya terdiri dari bangunan tua klenteng saja. Perubahan yang sangat terlihat jelas saat ini adalah mengenai permasalahan lingkungan. Lingkungan yang semakin padat dan penduduk yang terus meningkat tampak jelas pada kawasan ini. Kondisi perumahan kian padat, hingga hampir pada setiap rumah tidak lagi dapat dijumpai ruang untuk tumbuhnya tanaman. Ruang terbuka hijau sudah sangat minim untuk dapat memenuhi suatu syarat wilayah yang berada di pinggiran sungai. Tercatat banjir besar pernah terjadi pada tahun 1967, 1972, dan 1980, sedangkan longsor terjadi setiap 5 tahun (2002, 2007). Warga sekitar mengandalkan Bendungan Katulampa yang dibangun pada tahun 1889 untuk melihat kenaikan permukaan air dalam memperkirakan kemungkinan terjadinya banjir. Namun, peningkatan dalam hal pendidikan, jika 10 tahun lalu warganya masih lulusan SD, saat ini sudah ada yang sarjana yang 70% merupakan penduduk pendatang. (sumber: Landscape Architecture)

Melihat Pulo Geulis Lebih Dekat

Sabtu, 12 Agustus 2017 kemarin 9 orang Fujiguys Indonesia yang akan hunting foto berangkat dari Jakarta menggunakan commuter line tujuan Bogor, lalu berkumpul di stasiun Paledang Bogor untuk menuju lokasi pulo Geulis di Babakan Pasar. Ada 4 orang Fujiguys  Indonesia dari Bogor yang bergabung untuk ikut hunting foto.

Hunting foto ke suatu tempat yang menyuguhkan kemewahan atau keindahan mungkin sudah biasa, namun Pulo Geulis menyuguhkan hal yang berbeda. Pulo ini menyuguhkan keunikan tempat dan jejak peradaban yang sarat makna. Teman-teman Fujiguys Indonesia akan mengajak kalian melihat Pulo Geulis lebih dekat dari hasil-hasil foto mereka berikut ini:

om ned mencoba foto di sungai yg mengapit pulo geulis

 

Lukisan ikan diatas batu ini seolah hendak ingin memakan sampah plastik di depannya

 

Lukisan dinding yang menambah keceriaan suasana pulo geulis

 

Cat warna-warni untuk menghiasi pulo Geulis

Pulo Geulis ini cukup bagus untuk dijadikan tempat wisata lokal atau tempat hunting foto jika ada kesadaran penduduknya akan kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah ke sungai. Penduduk pulo Geulis ini sangat ramah kepada pendatang, bahkan saat teman-teman Fujiguys datang ada banyak anak kecil dengan senang hati minta difoto dan menunjukkan senyum manisnya.

Seru kan hunting foto teman-teman Fujiguys Indonesia di pulo Geulis!


Fujiguys Indonesia sebuah komunitas pengguna kamera FUJIFILM yang saat ini tersebar di bebeapa daerah, untuk teman-teman yg ingin join di grup chat bisa menghubungi sbb :

FGI General Chatroom : Andreas Ignatius Ajun
FGI Surabaya : Dite De MolayHenry Limanto
FGI Yogjakarta : Setiyoko Agus
FGI Bandung : Kherisna Irawan
FGI Semarang : Hendra Tanzil
FGI Medan : Yuliana Ferlim
FGI Girls : Dewi Ayu Naraswari

Selalu gunakan #fujiguysid dan #ceritafg1 di setiap postingan dan upload foto baik Instagram atau di Fb utk berkesempatan di fitur oleh akun IG @fujiguys_id

 

 

 

 

0